Feeling tired after creating *just* 10 TikTok videos

Feeling tired after creating *just* 10 TikTok videos

ยท

4 min read

I think alasan terbesar yang bikin ngerasa cape buat bikin video ini karena ekspektasi yang terlalu tinggi sih, terutama habis liat content creator lain lebih performed atau punya viewers lebih banyak dibanding sama konten yang ku buat ๐Ÿ˜…

"Ih padahal konten gini doang, viewers nya kenapa banyak banget deh?"

"Bukannya ini hal basic banget ya?"

"Kenapa sih orang suka konten beginian? Perasaan ni orang suka pamer"

Karena niche atau konten yang ku tonton dan akun yang ku follow banyak yang bahas tentang programming, software engineering, sering banget tuh nemu video yang abis nonton kepikiran "Lah ini mah ga bener, ada yang lebih bagus alasannya, ada yang lebih optimized caranya" dll, trus nyambung lagi liat ke traffic nya, gilak konten beginian yang nonton, save, share banyak amaaat.

Ahahaha iri dengki nya jadi muncul semua ๐Ÿ˜‚. Sedih sebenernya. Ini artinya aku iri ya? FYI, aku udah coba buat bodo amat sama gituan kok.

Udah usaha tuh buat mindset gausah liat yang lain, yang penting ngasih manfaat ke yang lain, gausah liat views, gausah bandingin sama creator lain, diawal mah fokus aja buat "just produce consistently" nanti sering berjalan waktu juga getting better kok, pun tiap hari followers naik terus. "Kalo yang lain kurang bener, ya kasih tau aja yang bener gimana, bisa dijadiin konten juga kan?"; OMG these are so easier said than done.

Overthink. Perfectionism. Asli deh 2 hal ini penyakit dari dulu yang nusuk-nusuk aku dari dalem, sampe sekarang belum nemu juga obat nya apa ๐Ÿ˜ข

What I learn from creating content on TikTok

"Yaudah bikin video kaya yang lain aja, udah terbukti lebih rame kan?" Nah kalo kalimat ini masuk akal banget sih. Kan udah terbukti ya kalo konten pamer tu banyak yg nonton, hal-hal basic juga banyak banget yg suka, kenapa ga bikin gitu juga? The answer is my idealism said that I can't do these. Aku mau bikin konten yang lebih buat "intermediate" level, tapi setelah ku pelajari ternyata masalahnya tu audience TikTok ternyata kebanyakan lebih seneng hal-hal dasar (basic).

Terutama topik software engineering atau programming ya, itu kebanyakan orang masih kuliah atau baru mau lulus kuliah. Pun kreator nya kebanyakan junior level.

Jadi, kalo masih mau targeting audience yang pengen tau topik tentang kerjaan atau suatu hal yang perlu diketahui oleh non-pelajar, less likely bakal performed lebih baik sih dibanding share 30 seconds of videos about basic things dan hal pamer-pamer lainnya.

Maybe time to consider moving to YouTube? Gatau sih. Masih berharap dapet traffic dari TikTok karena algoritma-nya yang lebih bersahabat buat new-comer. Mungkin topik nya yang perlu di sesuaikan aja sama audience. Tapi masa sih harus pamer-pamer ๐Ÿ˜ข ahahaa but I won't do that. ever.

Sebenernya ini masih too early sih buat exit, mari kita coba lihat kedepannya gimana. What I'm going to do next on TikTok? Create shorter content, speak faster in camera, more basic things but have a high value (belum kebayang tp keren aja kalimatnya wkw), sabar, bersyukur, and don't compare to others (try harder). Wish me luck guys ๐Ÿคž

Why try to create TikTok videos?

Dulu rencana bikin di TikTok tu karena

  1. Algoritma nya cukup bagus buat new-comer. This is true, karena aku berhasil dapet 500 followers just from 2 "performed videos".

  2. Niche buat programmer keliatannya belum se-rame itu (ternyata udah cukup rame)

  3. Mau bikin kolam biar kalo punya suatu product atau hal yang bisa ditawarin kaya bootcamp, course, atau pelatihan gituan bisa langsung share kesitu

Ekspektasi nya sebenernya kalo udah rame di TikTok, nanti bakal dibawa ke YouTube buat nonton longer video atau hal yang lebih detail gitu deh. Sama personal branding juga, biar kalo punya product lebih enak share nya karena udah punya kolam.

Why I'm writing this?

Maaf kalo bahasa campur-campur ๐Ÿ™ˆ. Lagi butuh tempat ngeluh aja sebenernya. Udah cerita juga ke istri tapi sekalian belajar nulis aja dan biar ada sejarahnya di internet buat kubaca beberapa tahun lagi. Halo Helmi di masa depan ๐Ÿ˜œ

Gatau ini blog atau lebih ke diary ahahaa just trying to expose my true self to the public.

Ada satu unexpected thing yang terjadi habis aku nulis ini. Aku jadi self review apa yang aku tulis, apa yang aku pikirin, dan apa yang perlu ku lakuin berikutnya. Terutama bagian "iri & dengki" lol. Aku harus belajar nerima dan adaptasi sesuai kondisi audience nya sih daripada ngeluh dan nyalahin.

Btw, kayanya aku lebih suka nulis deh daripada bikin video. But I'm not sure people will like this kind or my writing style ๐Ÿ˜‚ I will try to write more often, sekalian ngisi blog juga. Rencana bakal isi konten curhat beginian, tapi keliatannya bakal lebih sering tulisan tentang hal teknis sih, bakal ku bedain by category/labels nanti biar enak bacanya.

If you're reading until this point, thanks a lot. Kalo tulisan ini membantu atau ada masukan apapun, boleh banget bilang ke aku yaa ๐Ÿ˜

Thank you, ketemu lagi di tulisan yang lain ya ๐Ÿ‘‹

ย